Thursday 11 October 2018

Hari Batik Nasional 2 Oktober 2018

Tria Sutriana     October 11, 2018    



RISINGBERITA.COM - Selasa (12/10/2018) Merupakan Hari Batik nasional.

Seperti biasa, Beberapa masyarakat mulai dari pegawai pemerintah, pegawai BUMN, hingga pelajar dianjurkan untuk bepakaian batik pada Hari Batik Nasional ini.

Pada tanggal 2 Oktober yang ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional semanya ini berawal dari penetapan batik oleh UNESCO, sebagai warisan kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpeces Of The Oral And intangible Haritage Of Humanity).

Hari Batik Nasional 2 Oktober 2018
Hari Batik Nasional 2 Oktober 2018

Setelah penetapan itu, kemudian indonesia selalu memperingatinya sebagai Hari Batik Nasional

yang mana dikuatkan juga dengan Keputusan Presiden Nomor 33 Tahun 2009.

Di dunia luar, Batik pertama kali diperkenalkan oleh Presiden Soeharto, Pada saat mengikuti konferensi PBB.

Dengan demikian, diakuinya batik sebagai warisan budaya indonesia oleh dunia, tidak serta merta diperoleh.

Sangat disayangkan batik sempat hampir ditinggalkan oleh masyarakat, termasuk generasi muda, Hingga pada akhirnya, batik hampir saja diklaim oleh Malaysia.

Pada saat itu lah masyarakat jadi tersadar, bahwa batik adalah warisa leleuhur ynag harus di lestaraikan dan dijaga keasliannya. Manghadapi persolan itu, Kemudian pemerintah indonesia tidak tinggal diam saja.

Ketika tahun 2008, pemerintah mendaftarkan bati ke jajaran daftar Warisan Kemanusian untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi UNESCO.


Kemudian setelah diterima secara resmi pada 9 Januari 2009, beberapa bulan kemudian, tepatnya  pada 2 Oktober 2009, UNESCO mengukuhkan batik Indonesia dalam daftar Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi, di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Pada saat itu Batik berhasil diakui dunia internasional sebagai warisan budaya asli dari Indonesia, di bawah pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Saat ini, batik telah menjadi bagian sehari hari kehidupan masyarakat Indonesia. Modelnya juga sudah beragam dan mengikuti tren dan perkembangan zaman.

Jika dulu warna batik hanya identik dengan coklat dan hitam, maka kini berbagai kombinasi warna warna lain seperti ungu, merah, hijau hingga kuning, dengan perpaduan ynag sangat menarik dan sudah dapat dengan mudah ditemui. (*)

0 comments :

About us

Common

FAQ's

FAQ's

© 2018-Sekarang Rising Berita. Designed by Bloggertheme9. Powered by Blogger.